erdasarkan Surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 107/DIKTI/Kep/1993, No. 108/DIKTI/Kep/1993, No. 109/DIKTI/Kep/1993, dan No. 109/DIKTI/Kep/1993, mulai tahun ajaran 1993/1994 ITS telah diijinkan untuk menyelenggarakan pendidikan Magister secara mandiri. Dengan mengacu pada Surat Menteri Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 212/U/1999 tentang pedoman penyelenggara program doctor maka pada tahun ajaran 2001/2002 Program Pascasarjana ITS membuka program doctor untuk empat program studi yaitu Teknik Kelautan, Teknik Sipil, Teknik Kimia dan Arsitektur, sehingga pada saat ini Program Pascasarjana ITS menyelenggarakan empat (4) Program Doktor dan dua belas (12) Program Magister.

Dalam pengembangan dan pemantapan Program Pascasarjana ITS maka pada tahun ajaran 1996/1998 telah dimulai program S3 Link di bidang Teknologi Kelautan yang merupakan kerjasama antara ITS dan Universitas Newcastle di Inggris. Pada tahun ajaran 1997/1998 telah dilakukan program pendidikan S2 Link di bidang Teknik Informatika yang merupakan kerjasama antar ITS dengan universitas yang sama. Pada tahun ajaran 1999/2000 Program Pascasarjana ITS bekerjasama dengan Dikmenjur melaksanakan pendidikan S2 "khusus" yang pesertanya adalah guru-guru Sekolah Menengah Kejuruan.

Program kerjasama menyelenggarakan pendidikan S2 juga dilaksanakan dengan Pemerintah Daerah Tingkat I Irian Jaya untuk Program Studi Magister Manajemen Teknologi mulai tahun 1998 untuk Batch I, dilanjutkan dengan Batch II yang mulai pada semester Gasal tahun ajaran 2000/2001.

Program kerjasama antara lain juga dilakukan dengan PT. PLN untuk program studi Teknik Elektro, Dinas Perikanan Kab. Tk. II Probolinggo untuk program studi Teknik Kelautan, PT. Migas Cepu untuk Teknik Elektro dan Teknik Kimia, Univ. Udayana untuk program studi Teknik Sipil dan Arsitektur; serta Univ. Dwijendra untuk program studi Arsitektur.

Program Pascasarjana ITS juga menjalin kerjasama dengan Kimprasil untuk menyelenggarakan pendidikan Magister pada program studi Arsitektur.

Tujuan Pendidikan

Tujuan pendidikan Program Pascasarjana Arsitektur adalah meningkatkan taraf penguasaan ilmu yang telah diperoleh selama pendidikan di program Pascasarjana agar mempunyai kemampuan untuk :

  1. Meningkatkan pelayanan profesi dengan jalan penelitian dan pengembangan.
  2. Berpartisipasi dalam pengembangan bidang ilmunya.
  3. Mengembangkan penampilan profesinya dalan spectrum yang lebih luas dengan mengaitkan bidang ilmu atau profesi yang sama.
  4. Merumuskan pendekatan penyelesaian berbagai masalah dengan cara penalaran ilmiah.

Untuk mencapai tujuan tersebut maka diusahakan untuk tetap menjaga penguasaan wawasan program secara menyeluruh walaupun tebuka kesempatan untuk memilih salah satu bidang keahlian tertentu.

Evaluasi Kemajuan Belajar

Program Magister
  • Evaluasi kemajuan belajar terhadap setiap peserta dilakukan setiap akhir semester yang dicapai mulai semester (awal masa studi).
  • Untuk dapat melanjutkan studi seorang peserta harus dapat memenuhi kriteria yang telah diterapkan, dan pada dasarnya harus dapat menyelesaikan studinya dalam jangka waktu 2 tahun.
  • Hanya dengan alasan yang sangat kuat seorang peserta dapat mengajukan permohonan perpanjangan studi, yang akan dipertimbangkan secara ketat oleh Pimpinan Program Pascasarjana.
  • Sesuai peraturan akademik ITS tahun 2000 Pasal 18 ayat 3, batas waktu maksimum studi adalah 4 tahun (8 semester).
Program Doktor
  • PPD harus lulus dalam ujian perkuliahan dengan niali minimal B. Setelah lulus seluruh mata kuliah yang ditempuhnya, PPD berhak menempuh ujian kualifikasi.
  • Ujian kualifikasi dapat diberikan sebanyak-banyaknya 2 kali dan diselesaikan selambat-lambatnya pada akhir semester 4 untuk PPD dari S2 dan semester 6 untuk PPD dari S1. PPD yang lulus ujian kualifikasi disebut kandidat doctor. Ujian kualifikasi dilaksanakan oleh panitia penilai ujian kualifikasi dan disertasi.
  • Ujian akhir :
    • Ujian akhir berupa ujian lisan, yang dilaksankan oleh Panitia penilai Ujian Kualifikasi dan Disertasi (PPUKD).
    • Paling lambat 6 bulan setelah disertasi Kandidat Doktor disetujui tim pembimbing, ujian akhir dapat dilaksanakan.
  • Lama Studi :
  • Lama studi bagi PPD dari lulusan Program Magister adalah maksimum 10 semester.
  • Lama studi bagi PPD dari lulusan Program Sarjana adalah maksimum 12 semester.
Gelar Kesarjanaan

Setelah mahasiswa menyelesaikan perkuliahan, kegiatan akademik yang lain (mis : kegiatan laboratorium) dan tesis, akan mendapat gelar kesarjanaan Magister Teknik (MT) untuk Program Magister bidang studi Teknik, Magister Sains (M.Si) untuk Program Magister bidang studi Statistika dan Fisika, Magister Manajemen (MM) untuk Program Magister Manajemen Teknologi; serta Doktor (Dr) untuk Program Doktor.

Persyaratan Peserta

Program Magister
  1. Peserta program terbuka bagi calon yang memiliki latar belakang sarjana Perhuruan Tinggi Negeri atau Perguruan Tinggi Swasta (telah lulus ujian negara).
  2. Mempunyai kemampuan akademik yang cukup dan dipandang mampu menempuh pendidikan pascasarjana dan atau mempunyai IP minimum 2,5.
  3. Mendapat rekomendasi dari :
    • Pimpinan instansi bagi yang sudah bekerja.
    • Mantan pembimbing akademik program sarjana.
    • Dosen senior bergelar Master, Doktor atau golongan Iva ke atas
  4. Mengajukan proyeksi keinginan mengikuti program Pascasarjana termasuk topik untuk tesis.
  5. Mengikuti seleksi masuk/test masuk :
    • Tulis meliputi : TPA, TOEFL dan Materi Bidang.
    • Wawancara.
Program Doktor
  1. Lulus program Magister, dengan disiplin ilmu yang sebidang atau tidak, dan memiliki IPK minimal 3,00 pada skala 4; atau lulus program sarjana dengan disiplin ilmu yang sebidang atau tidak, memiliki predikat kelulusan Cumlaude dan memiliki nilai Tugas Akhir A.
  2. Mengikuti seleksi masuk/test masuk :
    • Tulis meliputi : TPA, TOEFL dan Materi Bidang.
    • Wawancara.
  3. Memiliki pengalaman penelitian dan diutamakan publikasi ilmiah.
  4. Menyampaikan usulan rencana penelitian sesuai format yang disediakan.
  5. Adanya rekomendasi dari dosen pembimbing kegiatan penelitian pada jenjang pendidikan sebelumnya dan dua rekomendasi lainnya.

Penyimpangan dari ketentuan tersebut hanya dapat ditentukan oleh/atas penetapan tertulis dari Majelis Pertimbangan Program Pascasarjana.


Magister Manajemen Teknologi
  • Khusus program MMT, penerimaan mahasiswa baru dilakukan dua kali dalam satu tahun ajaran. Penerimaan mahasiswa baru dilaksanakan pada bulan April dan Oktober.
  • MMT membuka 3 kelas, yaitu :
    1. Kelas Reguler : Kuliah diadakan Senin - Jum'at,
      pukul 09.00 - 15.00 WIB.
    2. Kelas Profesional : Kuliah diadakan malam hari.
      Senin-Rabu, pukul 18.30.00 - 22.10 WIB.
    3. Kelas Eksekutif : Kuliah diadakan pada hari Sabtu-Minggu
      pukul 09.00 - 16.00 WIB.

kembali ke atas