Contact us Mail to PR IV ITS Go to ITS website
Seputar Surabaya
ganjel
  • Home
  • Seputar Surabaya
  • Sejarah ITS
  • Tentang ITS

  •    - Sistem Pendidikan
         & Beban Studi

       - Kualifikasi &
         Seleksi Mahasiswa

  • Sarana & Prasarana

  •    - UPT Perpustakaan
         Pusat

       - UPT Bahasa
       - UPT Komputer
       - Kehidupan
         Mahasiswa

       - Fasilitas Olahraga
       - Fasilitas Lain
       - Lembaga
         Penelitian

       - Lembaga
         Pengabdian
         Masyarakat

       - Surabaya Business
         Incubator Centre

       - Student Advisory
         Centre

       - ITS Centre for
         Regional
         Development

       - British Council
       - Beasiswa
       - Jaringan
         Kerjasama

       - Penghargaan
  • Fakultas & Jurusan

  •    - FMIPA
       - FTI
       - FTSP
       - FTK
       - FTIF
       - Politeknik
         Perkapalan
         Negeri
         Surabaya

       - Politeknik
         Elektronika
         Negeri
         Surabaya

       - Program
         Pascasarjana

  • Site Map
  • Peta ITS
  • Kontak
  • Mail
  • Surabaya adalah kota metropolitan terbesar kedua di Indonesia setelah ibu kota Jakarta. Surabaya dijadikan kota acuan dalam bidang industri, perdagangan dan pendidikan serta kelautan bagi wilayah Indonesia bagian Timur. Tugu Pahlawan

    Dalam sejarah, Surabaya mempunyai andil yang besar terhadap berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Satu peristiwa yang tak pernah terlupakan oleh bangsa Indonesia adalah Peristiwa 10 Nopember 1945.

    Dengan gagah berani dan semangat rawe-rawe rantas malang-malang putung pemuda-pemuda Surabaya (Arek-Arek Suroboyo) melawan tentara Sekutu yang diboncengi NICA yang hendak menanamkan kembali imperialisme di Surabaya. Peristiwa yang terkenang hingga kini adalah terbunuhnya Jenderal Mallaby dan penurunan bendera Belanda oleh arek-arek Suroboyo di Hotel Yamato (Hotel Majapahit). Karena peristiwa itu, hingga kini orang Surabaya atau yang pernah menetap di Surabaya bangga dengan sebutan Arek Suroboyo.

    Untuk mengenang semangat kepahlawanan tersebut, dibangunlah Tugu Pahlawan di jantung kota Surabaya. Tugu inilah yang menjadi simbol kebanggaan kota Surabaya.

    Secara geografi, Surabaya terletak pada 07o12' - 07o 21' Lintang Selatan dan 112o 36' - 112o 54' Bujur Timur. Dengan letaknya di daerah tropis yang strategis tersebut, Surabaya dapat dengan mudah dijangkau melalui jalur darat, udara dan laut. Memerlukan waktu 9 jam dari Jakarta dengan menggunakan kereta api dan 1 jam menggunakan pesawat udara. Daerah Surabaya di sebelah Utara dan Timur berbatasan dengan Selat Madura yang merupakan daerah pantai/pesisir serta di sebelah Selatan dan Barat berbatasan dengan Sidoarjo dan Gresik.

    Penduduk Surabaya saat ini berjumlah sekitar 2.941.820 jiwa dengan populasi 90 jiwa/Ha dan tingkat pertumbuhan sekitar 1,749%/tahun. Penduduk Surabaya sangat pluralistik dengan penduduk terbanyak dari suku Jawa dan Madura. Tetapi kerukunan antara umat beragama dan suku-suku yang ada sangat erat. Hal ini didasari oleh sifat orang Surabaya yang selalu terbuka.

    Surabaya menjadi pusat industri bagi daerah sekitarnya bahkan sampai Indonesia bagian Timur. Daerah-daerah industri tersebut terpusat di daerah Tandes, Benowo, Asemrowo, Rungkut, Gunung Anyar (PT. SIER). Industri-industri tersebut antara lain: industri konsumsi, industri perdagangan besar, industri kimia, industri garmen, dan lain sebagainya.

    Surabaya merupakan Kota Maritim yang sangat terkenal sejak jaman Majapahit. Aktifitas perdagangan berpusat di Dermaga Ujung yang sekarang menjadi Pelabuhan Tanjung Perak. Sebagai pelabuhan nomor dua terbesar setelah Tanjung Priok Jakarta, berbagai macam industri penunjang seperti pelayaran dan bongkar muat dan pusat perbaikan kapal didirikan di daerah tersebut. PT. PAL sebagai industri perbaikan dan pembuatan kapal menjadi acuan dari pusat perbaikan dan pembuatan kapal di Indonesia.

    Dengan kemajuan di bidang industri tersebut maka perekonomian Surabaya pun berkembang dengan pesat. Pertumbuhan tersebut sekitar 7,5%/tahun. Berbagai pusat perdagangan dari mulai perdagangan eceran sampai dengan perdagangan besar ada di Surabaya.

    Siola

    Selain itu terdapat berbagai pusat pertokoan yang sering dijadikan sebagai tempat rekreasi seperti; Tunjungan Plaza, World Trade Centre (WTC), Tunjungan Centre, Surabaya Plaza, Jembatan Merah Plaza, Surabaya Mall dan Galaxy Mall.

    Surabaya juga merupakan tempat tujuan wisata yang menarik bagi para wisatawan baik dari Surabaya maupun dari luar Surabaya. Beberapa sarana obyek wisata antara lain Museum Empu Tantular. Masjid Ampel, Kebun Binatang, Tugu Pahlawan, Pantai Kenjeran dan lain sebagainya yang kesemuanya itu dapat dengan mudah dicapai melaui transportasi darat. Selain itu, terdapat obyek wisata kesenian yang berupa Tari Remo dan Ludruk. Tak lengkap kiranya jika berkunjung ke Surabaya tanpa mencicipi makanan khas Surabaya yang beraroma pedas seperti, Semanggi Surabaya, Rujak Cingur, Kupang Lontong dan Lontong Balap.

    Dalam bidang pendidikan, Surabaya menjadi tempat acuan dan contoh dari model sekolah sampai dengan kurikulum yang dipakai. Dengan semakin cepatnya laju pertumbuhan ekonomi yang didukung oleh kemajuan industri membuat dunia pendidikan harus terus menyelaraskan kurikulum yang dimilikinya dengan tuntutan kerja. Oleh karena itu terdapat keharmonisan antara dunia kerja dan dunia pendidikan yang menunjang industri. Dengan kondisi tersebut akhirnya, Surabaya merupakan salah satu tempat alternatif yang terbaik untuk belajar menuntut ilmu dan penerapannya.

    Dalam bidang olahraga, atlet-atlet Surabaya pada beberapa cabang selalu menjadi atlet nasional yang ikut mengharumkan nama bangsa di dunia internasional. Salah satu yang sangat populer adalah Sepak bola dan Persebaya adalah klub sepak bola kebanggaan warga kota Surabaya. Suporter fanatiknya seringkali disebut ‘bonek’ (bondo nekat) selalu datang membawa atribut-atribut unik dengan segala tingkah lakunya di manapun Persebaya bertanding.

    kembali ke atas

     

    Seputar Surabaya | Sejarah ITS | Tentang ITS | Sarana & Prasarana
    Fakultas & Jurusan | Site Map | Peta ITS | Kontak | Mail
     

    designed by:
    Nanto Paradigma